Rabu, 30 Maret 2011

Rekomendasi RTL PPR dan Catatan Hasil Diskusi Remdec

Ada tiga point besar untuk rencana tindak lanjut dari progres parnert reviuw (PPR) Yayasan WaKIL, sebagai berikut :

Memperkuat sistem pendataan dimanajemen WaKIL, yaitu sistem SPSS dan ArcGIS, maka 6 bulan kedepan, dua item tersebut yang akan diperkuat lagi

Mengawal proses-proses pendampingan dalam penyusunan RKP dan APBDes pada 26 desa di Kabupaten Gowa

Memperkuat data vedio, sehingga dalam 6 bulan ke depan sudah ada film pembelajaran CLAPP GSI dan Dokumen RPJMDes

Rekomendasi ini diperkuat dengan untuk rencana tindak lanjut dari pertemuan Yayawan WaKIL dengan Remdec. Yang antara lain membahas soal-soal :

Capaian tentang finishing 26 dokumen RPJMDes hingga tanggal 7 April 2011. Ini juga bagian dari membangun kolaborasi dari Pemerintah Kabupaten Gowa, dimana 26 dokumen RPJMDesa ini sebagai referrensi bagi desa-desa dan kelurahan di kabupaten lain.

Kapasitas 78 KPM yang telah dan sanggup melakukan pendataan (penjajakan), melakukan pengimputan, penulisan, penyusunan dokumen dari bab perbab. Sehingga Fasduk dan manajemen WaKIL hanya melakukan pengidetan (non-substansi), dan desaign covernya. Sementara penggadaan oleh Yayasan WaKIL, kepala desa dan BPM-PD.

Penguasaan metode-metode tambahan sistem bank datadesa, seperti analisis data dengan SPSS, Arc-GIS. Bagaimana dua sofewere ini mampu dimiliki oleh masing-masing desa yang dikendalikan oleh masing-masing KPM desa.

Memperkuat forum-forum lintas KPM desa, termasuk mempersiapkan dan merekrut KPM dusun yang diatur dan ditentukan oleh masing-masing inisiatif, inovasi, kekuatan dan energi desa yang bersangkutan.

Menshearing informasi-informasi sistem pendokumentasian RPJMDes dan Sistem Bank Data Desa ini didalam kebijakan Pemerintah Kabupaten Gowa sebagai perluasan dan replikasi pembelajaran dalam perencanaan berbasis warga. 

Demikianlah beberapa catatan-catatan kemajuan program perencanaan partisipatif kerjasama Yayasan WaKIL - ACCESS pada semester pertama.




Salam


Kaharuddin Muji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar